Apa Itu Festival Pemasaran?

Selamat datang pada blog pribadi saya, kali ini saya akan membahas tentang Festival Pemasaran, Festival pemasaran adalah pemasaran pengalaman merek, layanan, atau produk melalui pengalaman yang tak terlupakan atau acara promosi.

    Adapun tujuan lainnya untuk menarik konsumen melakukan pembelian dan bermanfaat untuk membantu mempengaruhi keputusan konsumen agar membeli produk sehingga terjadinya transaksi penjualan.

    Festival Pemasaran juga dapat memberikan manfaat lainnya yang dapat membantu memecahkan masalah umum dalam berbisnis, seperti:

- Meningkatkan brand awareness

- Meningkatkan keterlibatan pelanggan

- Menghasilkan prospek

- Memperluas jaringan bisnis

- Memberikan edukasi tentang merek, produk, atau layanan bisnis

- Meningkatkan penjualan

- Menjalin hubungan yang kuat dengan prospek dan pelanggan

Nah, disini juga ada fungsi dari Festival Pemasaran :

1. Mempengaruhi khalayak sasaran

2. Mengasosiasikan sebuah merek dengan suatu kegiatan, gaya hidup, atau individu tertentu.

3. Menjangkau target sasaran yang lebih luas.

4. Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merek, produk, atau perusahaan

5. Mempublikasikan sebuah merek, produk, atau perusahaan yang nantinya akan meningkatkan pengetahuan khalayak.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikani yaitu lokasi, persaingan, cuaca, biaya, dan hiburan.

1. Lokasi

Pemilihan dan pemasaran lokasi memiliki dampak yang signifikan pada kehadiran dan keberhasilan yang dihasilkan dari suatu acara. Apakah itu terpusat? terletak atau di pinggiran kota yang jauh? Apakah ada akses jalan yang mudah dari jalan raya antar negara bagian atau apakah adapemberhentian kereta bawah tanah dalam jarak berjalan kaki?

Mempromosikan akses mudah, lokasi sentral, atau tempat baru dapat berkontribusi pada kehadiran yang lebih besar di acara Anda. Sebagai tambahan, memasarkan kenyamanan lokasi dapat meningkatkan penerimaan acara, dan menggabungkan atribut bersejarah atau resor dapat menggairahkan calon peserta.

2. Kompetisi

Mempromosikan acara Anda sebagai unik, berbeda, dan lebih baik dari pesaing bisa sama pentingnya dengan acara itu sendiri. Seorang pemasar perlu mengiklankan dan mempromosikan keuntungan acara dengan menampilkan fitur-fitur yang menarik dan unik. Ini membutuhkan strategi pemasaran yang disiapkan sepenuhnya. Terkadang menggunakan pemasaran strategi di mana Anda menunjukkan perbedaan Anda bisa efektif, tetapi ada juga risiko dalam melakukannya. Untuk nama kompetisi bisa hanya memberikan kredibilitas dan pengaku

3. Cuaca

cuaca bisa menjadi keuntungan atau kerugian dalam menjual spesial peristiwa. Cuaca dapat mengatur mood peserta atau konsumen dari peristiwa. Misalnya, pertunjukan ski dan perjalanan konsumen biasanya berlangsung pada awal November, waktu yang memungkinkan peserta untuk melihat peralatan ski dan resor ski terbaru.

Penelitian memiliki menunjukkan bahwa, ketika cuaca dingin, kehadiran acara meningkat terukur. Di sisi lain, ketika cuaca tidak sesuai musimhangat selama pertunjukan, kehadiran menurun drastis. Dalam kasus ini, cuaca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil acara.

4. Hiburan

Keberhasilan sebuah acara juga tergantung pada pemasarannya hiburan. Ada banyak jenis hiburan yang bisa dipasarkan dengan berbagai cara.

Untuk bintang besar, wawancara di stasiun radio dan siaran pers yang mengumumkan tiket akan dijual efektif untuk penjualan cepat. Jenis hiburan yang berbeda dan baru, di sisi lain, mungkin memerlukan pemasaran yang lebih besar dan anggaran hubungan masyarakat.

Comments